Saturday, January 28, 2012

Tips memilih ukuran Disc space dan banwidt yang tepat

memilih paket web hosting 
Jadi anda sudah siap memulai perjalanan panjang menjadi seorang blogger yang penuh onak dan duri.Agar menjadi blogger profesional,memiliki domain dan web hosting sendiri adalah wajib.Mungkin bagi pengunjung blog biasa,kepemilikan domain dan hosting tidak pernah berpengaruh apa-apa karena mereka hanya mencari konten yang mereka butuhkan.
Tapi lain dengan pandangan search engine,website-website CPM,jaringan-jaringan afiliasi,maupun website lain yang nantinya akan anda butuhkan untuk memonetize blog anda.Adalah penting untuk memiliki domain dan webhosting sendiri,sebab sebuah blog akan di anggap profesional jika memiliki domain TLD (seperti.com dan .net) dan webhosting berbayar dan bukan dari webhosting gratisan.
Setelah apa yang pernah saya bahas tentang tips memilih webhosting dan tips memilih nama domain selanjutnya saya akan mencoba menjelaskan bagaimana menentukan disc space dan banwidht yang tepat dari paket web hosting untuk blog baru anda.

1.Disk space,

Sebaiknya anda selalu berhemat dalam penggunaan disc space,kebutuhan disc space bisa sangat besar jika anda tidak melakukan penghematan.Sebelum saya menjelaskan lebih jauh lagi,biarkan saya memberi beberapa tips berhemat dalam menggunakan disk space web hosting blog anda.
  1. Tidak membuat akun email dengan domain anda di webhosting,buat saja akun gratis di yahoo atau Gmail.
  2. Tidak menaruh file untuk di download di webhosting blog anda,baiknya gunakan file hosting gratis seperti 4shared,easy-share dan banyak lagi lainnya.Anda bahkan akan di bayar di sini.
  3. Tidak menaruh file video dan memakai gambar dalam tipe .jpg atau .gif .Untuk penggunaan video buat saja akun di youtube.
  4. Merubah file permission dari file error_log menjadi xxx karena file yang satu ini akan terus membengkak dan memakan banyak disc space blog anda jika anda tidak menguncinya.
Seperti blog milik saya ini,umurnya telah 6 bulan dengan pemakain yang cukup berhemat telah memakan 160mb disc space dengan 201 artikel.Jadi jika anda akan membuat blog untuk memilih paket saya sarankan ambil disc space minimal 200mb untuk tahun pertama.

2.Banwidht,

Banwidht bulanan dapat kita hitung dengan rumus sederhana;
Banwidht bulanan=Ukuran halaman X Page view perhari X 31hari
Sekarang saya ambil contoh blog ini-apa.com;
Banwidht bulanan (dalam kb)=100kb X 3000 X 31
Banwidht bulanan (dalam kb)=18.600.000kb yang artinya rata-rata sebulan blog saya memakai banwidght sebesar 18gb.
Jadi ketika memilih sebuah paket hosting baiknya pilih paket dengan batas pemakaian banwidht minimal 50gb perbulan untuk tahun pertama.
Saya akan coba menunjukkkan pada anda beberapa contoh paket termurah dari beberapa webhosting terbaik indonesia,yang sesuai dengan kriteria di atas;
logo_mwn_welcome
Nama paket hosting :Impresif E
Disc space :250mb
Banwidht perbulan:Unmetered (unlimited)untuk server dalam negri
Harga:Rp. 12.500 perbulan
easysmart
  • Nama paket hosting :Bronze
Disc space :200mb
Banwidht perbulan:Unmetered (unlimited)
Harga:Rp. 10.000 perbulan
  • Nama paket hosting :Silver
Disc space :400mb
Banwidht perbulan:Unmetered (unlimited)
Harga:Rp. 15.583 perbulan
hostpojok
Nama paket hosting :Shared Hosting HP-IIX 2
Disc space :500mb
Banwidht perbulan:50gb
Harga:Rp. 200.000 pertahun
Tambahan:Ambil paket minimal satu tahun agar tidak di curigai sebagail blog spam oleh search engine...

beri komentar anda tentang blog ini
EmoticonEmoticon