Tuesday, February 7, 2012

Melindungi Komputer dari Serangan Hacker

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Apa kabar semua sobat blogger??? Senangnya pada kesempatan kali ini saya masih sempat untuk share dan berbagi ilmu kepada sobat sekalian, semoga ilmu yang saya share kali ini dapat bermanfaat buat kita semua. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit trik sederhana yang digunakan untuk Melindungi Komputer dari Serangan Hacker. Tips N Trik ini saya dapatkan dari pengalaman pahit saya, komputer yang saya gunakan bisa dengan mudahnya dijebol oleh dosen saya ketika melakukan praktek di kelas. Saya heran dan sempat bertanya-tanya kenapa komputer saya dengan mudahnya dapat dimasuki/dijebol??? Hal ini pun membuat saya gak habis fikir dan terus bertanya-tanya apa penyebab sebenarnya.
Ternyata setelah mempelajari lebih dalam, hal ini dapat diatasi dengan cara yang cukup sederhana, hanya memanfaatkan program bawaan dari Windows sobat saja. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita langsung saja belajarnya, cekidot...

1. Yang mesti sobat lakukan hanya mengaktifkan Firewall yang ada pada Windows sobat, sebelumnya saya tidak pernah mengaktifkan Firewall yang ada pada komputer saya. Karena keterbatasan pengetahuan yang saya miliki, dari sumber yang gak jelas arahnya saya pernah diberitahu kalau dengan menonaktifkan Firewall pada komputer dapat membuat akses jaringan menjadi lebih cepat. Ternyata ini pemahaman yang salah, dan saya harap sobat sekalian gak mengikuti kesalahan yang seperti ini.
Untuk mengaktifkan Firewall pada Windows, sobat bisa mengaksesnya melalui Control Panel ==> Masuk ke Security Center ==> Pada Manage Security Settings For : pilih dan klik dua kali (double) Windows Firewall. Kemudian beri tanda pada radio buttom On (Recomended).

2. Setelah Firewall sobat aktif, selanjutnya lakukan konfigurasi terhadap Firewall tersebut agar bisa berjalan sesuai dengan tugas yang dititik beratkan kepadanya, yaitu dengan cara sebagai berikut (biar lebih jelas dan mudah dimegerti, maka saya jelaskan dengan gambar).

Pindah ke tab Exceptions, pada pilihan Program and Service : lepas tanda centang pada File and Printer Sharing, karena jika File and Printer Sharing ini di aktifkan, maka ketika ada injeksi yang dilakukan oleh Hacker ke komputer sobat, maka dengan mudah dan cepatnya Hacker dapat masuk ke komputer sobat melalui port yang terbuka.
Kemudian lepas juga tanda centang pada Remote Desktop, sehingga komputer sobat tidak bisa diambil alih oleh Hacker, maksudnya Hacker tidak bisa mengontrol komputer kita dari jarak jauh (posisi Hacker). Itu menurut ilmu yang saya dapatkan dan saya pelajari, jika ada kekeliruan saya memohon maaf.

Nah, itu sedikit Tips N trik yang saya terapkan pada komputer yang saya gunakan, karena saya sering menggunakan fasilitas umum untuk berinternet, seperti area Hostpot yang tidak semua orang yang menggunakannya adalah orang yang "baik". Jika ada kekeliruan dalam cara saya menyampaiakannya, agar kiranya sobat membenarkannya, dan jika masih ada kekurangan, silahkan dilengkapi di kotak komentar.

Semoga bermanfaat buat sobat, salam .:: ashtho software easy ::.

Wassalam . . .

beri komentar anda tentang blog ini
EmoticonEmoticon