Bagi yang telah mempunyai blog atau website, adalah sesuatu yang  pasti harus di pahami tentang search engine optimization (SEO). Bagi  saya SEO adalah kegiatan berat yang jauh melebihi beratnya membuat  artikel maupun perawatan blog karena SEO memerlukan kesabaran dan  mengikuti setiap syarat dari search engine baik google,yahoo,bing maupun  ask.com.Berikut ini syarat SEO yang harus Anda ketahui.
1. SEM: Singkatan dari Search Engine Marketing, dan  seperti namanya melibatkan jasa pemasaran atau produk melalui mesin  pencari. SEM dibagi menjadi dua pilar utama: SEO dan PPC. SEO  singkatan  dari Search Engine Optimization, dan merupakan praktek  mengoptimalkan  situs web untuk membuat halaman mereka muncul dalam hasil  pencarian  organik. PPC singkatan dari Pay-Per Click-, dan itu adalah praktek  pembelian klik dari search engine. Klik yang berasal dari daftar  disponsori dalam hasil pencarian.
2. Backlink:biasa di sebut   Inlink atau hanya link,  itu adalah hyperlink pada blog atau website  lain memberitahukan  keberadaan situs blog Anda sendiri. Backlinks penting untuk SEO karena  mempengaruhi langsung PageRank dari halaman web, mempengaruhi peringkat  pencarian.
3. PageRank:  PageRank adalah sebuah algoritma yang  digunakan Google untuk  memperkirakan relatif penting  dari halaman di  seluruh blog Anda. Ide  dasar dibalik algoritma ini adalah fakta bahwa  link dari halaman A ke  halaman B dapat dilihat sebagai suara  kepercayaan dari halaman A ke  halaman B.Semakin tinggi Jumlah  link  menuju sebuah halaman, maka semakin tinggi kemungkinan bahwa halaman  tersebut penting.
4. Linkbait:  linkbait adalah bagian dari konten  blog yang dipublikasikan di situs web atau  blog dengan tujuan untuk  menarik sebagai backlink sebanyak mungkin  (dalam rangka untuk  meningkatkan peringkat pencarian seseorang). Biasanya itu berupa  artikel, tetapi juga bisa menjadi video, gambar, kuis atau apapun.  Sebuah contoh klasik dari linkbait adalah “Top 10″ daftar yang cenderung  menjadi populer di situs jejaring sosial.
5. Link farm. Sebuah  link farm adalah sekelompok  website atau blog di mana setiap website link ke  setiap website lain,  dengan tujuan artifisial meningkatkan PageRank dari  semua kelompok  tersebut. Praktek ini  berlaku efektif pada hari-hari awal search  engine, tetapi hari ini  mereka melihat sebagai suatu teknik spam.
6. Anchor text: anchor text dari backlink adalah  teks yang dapat diklik pada halaman web. Setelah kata kunci, anchor text  bagus untuk SEO karena Google akan mengaitkan kata kunci dengan konten  website atau blog Anda. Jika  Anda memiliki blog dengan topik “SEO”,  maka akan membantu peringkat  pencarian Anda jika beberapa link balik  Anda memakai “SEO” sebagai anchor text mereka.
7. Nofollow:  nofollow adalah link atribut yang  digunakan oleh pemilik website untuk  sinyal ke Google bahwa mereka  tidak mendukung situs web mereka untuk  terhubung. Hal ini dapat terjadi  baik ketika link  dibuat oleh pengguna sendiri (misalnya, komentar  blog), atau ketika link  itu dibayar (misalnya, sponsor dan pengiklan).  Bila Google melihat atribut nofollow pada dasarnya tidak akan menghitung  bahwa link untuk PageRank dan algoritma pencarian.
8. Link  Pahat: Dengan menggunakan atribut nofollow  strategis webmaster mampu  menyalurkan aliran PageRank dalam situs web  mereka, sehingga  meningkatkan peringkat pencarian halaman yang  diinginkan. Praktek ini tidak lagi efektif karena Google baru-baru ini  mengubah cara menangani atribut nofollow.
9. Title  Tag: Title tag atau judul tag secara  harfiah adalah judul sebuah halaman web, dan itu  salah satu faktor  paling penting dalam algoritma pencarian Google. Idealnya title tag Anda  harus unik dan mengandung kata kunci  halaman utama blog Anda. Anda  dapat melihat tag judul dari setiap halaman web di atas browser sewaktu  melakukan navigasi.
10. Meta  Tags: Seperti judul tag, meta tag  digunakan untuk memberikan search engine informasi lebih lanjut mengenai  isi dari halaman Anda. Tag-tag  meta  ditempatkan di dalam bagian HEAD  dari kode HTML blog Anda, dan  dengan demikian tidak terlihat oleh  pengunjung manusia.
11. Algoritma Search Engine : algoritma Search  Engine Google digunakan untuk mencari halaman  web yang paling relevan  untuk setiap permintaan pencarian. Algoritma  ini mempertimbangkan lebih  dari 200 faktor (menurut Google itu  sendiri), termasuk nilai PageRank,  tag judul, tag meta, isi website,  umur domain dan sebagainya.
12. SERP: Singkatan Search Engine Results Page. Ini  pada dasarnya halaman yang Anda akan dapatkan ketika Anda mencari kata  kunci tertentu di Google atau search engine lainnya. Jumlah lalu lintas  pencari situs Web Anda akan tergantung pada peringkat yang kita miliki  di dalam SERPs.
13. Sandbox: Google pada dasarnya memiliki indeks  yang terpisah, Sandbox, dimana tempat semua situs web yang baru  ditemukan. Ketika website berada di Sandbox, mereka tidak akan muncul  dalam hasil pencarian untuk permintaan pencarian yang normal. Setelah  Google memverifikasi bahwa website ini sah, maka blog kita akan bergerak  keluar dari Sandbox  ke dalam indeks utama.
14. Keyword  Density: Untuk mencari keyword density  dari setiap halaman tertentu  Anda hanya perlu melihat berapa kali kata  kunci digunakan dalam sebuah  halaman. Kepadatan Kata kunci  menjadi  faktor penting SEO , karena algoritma awal  menempatkan penekanan yang  berat di atasnya. Sekarang tidak berlaku lagi.
15.Keyword Stuffing: Sejak kepadatan kata kunci  merupakan faktor penting  pada algoritma awal search engine, webmaster  mulai permainan sistem dengan  artifisial menggembungkan kepadatan kata  kunci di dalam situs blog  mereka. Ini disebut isian kata kunci.  Hari-hari ini praktek ini tidak akan membantu Anda, dan juga bisa  membuat Anda dihukum.
16. Cloaking. Teknik ini melibatkan membuat halaman  web yang sama menampilkan konten yang berbeda ke mesin pencari dan  pengunjung manusia. Tujuannya  adalah untuk mendapatkan halaman  peringkat untuk kata kunci tertentu,  dan kemudian menggunakan lalu  lintas masuk untuk mempromosikan produk  atau jasa yang tidak terkait.  Praktek ini sedang mempertimbangkan spamming dan dapat membuat Anda  didenda (jika tidak dilarang) di search engine .
17. Web  Crawler: Juga pencari yang disebut bot atau  spider, ini adalah program  komputer yang menelusuri web atas nama  search engine, mencoba untuk  menemukan link baru dan halaman baru. Ini  adalah langkah pertama pada proses indeksasi.
18. Duplikat  konten: Duplikat konten umumnya  mengacu ke blok substantif konten dalam  atau di domain yang baik  benar-benar cocok dengan konten lainnya atau  lumayan serupa. Anda harus  menghindari duplikat konten di situs Web Anda karena dapat membuat Anda  dihukum.
19. Canonical  URL: Canonicalization adalah proses  untuk mengkonversi data yang  memiliki lebih dari satu representasi yang  mungkin menjadi representasi  “standar” kanonik. Sebuah URL kanonik,  adalah URL standar untuk mengakses halaman tertentu dalam situs blog  Anda. Sebagai contoh, versi kanonik dari domain Anda mungkin  http://www.domain.com bukan http://domain.com.
20. Robots.txt:  Ini tidak lebih dari sebuah file,  yang ditempatkan di root domain, yang  digunakan untuk menginformasikan  bot pencarian tentang struktur situs  web. Sebagai contoh, melalui file  robots.txt  sangat memungkinkan untuk memblokir pencarian spesifik  robot  dan untuk  membatasi akses ke folder tertentu dari bagian dalam  website atau blog.
sumber:http://ini-apa.com/2011/04/seo-yang-harus-di-ketahui/ 
beri komentar anda tentang blog ini
EmoticonEmoticon