Tuesday, May 10, 2011

Cara ampuh membasmi virus komputer

Virus ... virus ... virus ... virus menyerang komputer ..... lagi .. lagi ... dan lagi. Itulah fenomena seputar dunia komputer, yang seakan tiada pernah ada habisnya. Keluhan yang banyak dilontarkan oleh pengguna komputer salah satunya adalah karena virus yang bercokol di komputer. Segala cara dilakukan untuk menghilangkan keberadaan virus di komputer, maupun di flashdisk. Mulai dari menggunakan virus removal tools, antivirus, anti spyware, bahkan sampai dengan cara format flashdisk, HDD, dan install ulang windows. Weh...weh...weh...

Menggunakan antivirus berbayar memang jalan yang lebih manjur dan lebih efektif dalam mengantisipasi dan membasmi virus komputer. Namun bagi user yang kantongnya kering seperti ane atau yang masih suka dengan yang serba gratis, maka antivirus gratisanlah yang masih menjadi andalannya. Meskipun gratis yang penting tetap harus selalu update.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, preventif lebih baik daripada kuratif, adalah ungkapan yang sering kita dengar. Dan seperti itu pulalah yang seharusnya kita lakukan untuk menjaga komputer kita dari serangan virus. Cara ampuh menjaga komputer dari virus adalah mencegah virus masuk ke komputer. Untuk mencegah virus masuk ke komputer, maka didalam komputer harus sudah terinstall antivirus yang update, dan juga antispyware. Matikan fungsi autorun dari flashdisk maupun cdrom. Usahakan agar setiap mencolokkan flashdisk atau removable drive yang lain dikomputer selalu discan terlebih dahulu. Hati-hati terhadap file hasil download dan jangan sembarang membuka attach file pada email jika belum jelas pengirimnya. Jangan bosan-bosan untuk melakukan scanning komputer menggunakan antivirus yang update(lebih baik scan pada safemode).

Cara ampuh lainnya dalam membasmi virus dikomputer adalah dengan menggunakan bootable antivirus CD. Mengapa menggunakan bootable CD ? Terkadang ada virus yang masih bercokol di dalam system windows pada saat windows booting normal, namun saat discan menggunakan antivirus tidak terdeteksi. Nah dengan menggunakan antivirus bootable cd ini, diharapkan dapat membasmi virus yang bercokol dalam system tadi dikarenakan virus tersebut tidak aktif. Beberapa bootable CD antivirus dibawah ini dapat shobat coba. Tentu saja shobat harus download file bootable cd antivirus terlebih dahulu dalam bentuk iso file. Setelah itu burn ke cd, kemudian silahkan booting menggunakan bootable cd antivirus tersebut dan ikuti instruksi yang diberikan oleh masing-masing antivirus tersebut.

  1. Kaspersky rescue disk 10

    Download Kaspersky Rescue Disk (213 MB)



    Cara menggunakan kaspersky rescue disk
  2. Bitdefender rescue disk



    Download Bitdefender rescue disk (362 MB)
  3. Dr Web Live Bootable Antivirus CD



    Download Dr Web Live Bootable Antivirus CD (161 MB)
  4. F-Securerescue disk

    Download F-Securerescue disk

Semoga tips-tips membasmi virus komputer diatas bermanfaat bagi shobat semua.

sumber : http://rahmabasel.blogspot.com

beri komentar anda tentang blog ini
EmoticonEmoticon