Tuesday, August 28, 2012

Cara Mengganti/Mengatur Custom Domain Blogger

Cara Mengganti/Mengatur Custom Domain Blogger
Assalamu alaikum Wr. Wb.
Cara Mengganti/Mengatur Custom Domain Blogger | hem sobat sudah paham gak maksud dari judul postingan saya kali ini??? Jika masih kurang paham saya memohon maa sebelumnya karena saya juga bingung mau kasi judul apa sobat. Tapi semoga saja dengan penjelasan saya nantinya bisa membuat sobat mengerti dan paham akan maksud dari postingan ini.

Di kesempatan kali ini saya akan sempatkan untuk berbagi sedikit ilmu blogging saya yang baru-baru ini saya terapkan di blog baru saya yaitu www.jendelatema.com. Sobat uda pada tahu gak blog baru tersebut??? Kalau belum tahu nanti dech saya buat acara launchingnya di blog ini untuk memperkenalkannya langsung kepada sobat sekalian. Yang akan saya share dikesempatan ini yaitu cara mengganti nama domain blogger kita sesuai dengan domain yang kita kehendaki. Sebagai contoh sobat memiliki blog dengan URL domain http://namasobat.blogspot.com yang memang sudah menjadi domain bawaan dari blogger yang gratis. Nah, secara kebetulan sobat ingin merubah nama URL domain tersebut menjadi http://namasobat.com. Kan jadi terlihat lebih simple dan menarik serta terlihat lebih professional lagi serta domain custom (domain sendiri) akan lebih dianak emaskan oleh Google.

Tapi dalam hal ini saya tidak menjelaskan cara untuk mendapatkan domain, jika sobat ingin memiliki domain sendiri ada baiknya sobat memperhatikan hal-hal yang penting terhadap jasa penyedia domain tersebut. Tapi jika sobat ingin membeli domain yang berbobot sobat bisa membelinya di www.rajawebhost.com yang juga menjadi partner saya dalam mengurus domain. Baiklah, kita langsung saja belajar Cara Mengganti/Mengatur Custom Domain Blogger, cekidot...

1. Siapkan domain yang akan sobat jadikan sebagai Custom Domain.
2. Login ke Akun Blogger sobat.
Cara Mengganti/Mengatur Custom Domain Blogger

3. Masuk ke Setting/Setelan, pada bagian Penerbitan klik Edit untuk mengubah nama domain sobat.
Cara Mengganti/Mengatur Custom Domain Blogger

4. Selanjutnya akan muncul Form iklan yang menyuruh sobat untuk membeli domain jika sobat belum memiliki domain. Tapi di sini saya menganggap kalau sobat sudah mempunyai domain yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
5. Klik Alihkan ke setelan lanjutan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
Cara Mengganti/Mengatur Custom Domain Blogger

6. Masukkan nama domain yang telah sobat sediakn pada form yang telah disediakan. 
Cara Mengganti/Mengatur Custom Domain Blogger

7. Klik Save/Simpan untuk menyelesaikan proses pergantian serta pengaturan domain baru.
8. Tunggu beberapa saat untuk blogger dan juga server domain sobat untuk saling menyesuaikan (beradaptasi).

Buat sobat yang sudah mempunyai blog cukup terkenal namun ragu untuk mengganti domain karena akan mengakibatkan penurunan pengunjung. Sebaiknya menepis anggapan tersebut, karena pada dasarnya URL nama domain sebelumnya masih tetap bisa diakses dan akan secara otomatis akan men-direct URL lama ke URL domain yang baru. Memang akan sedikit membutuhkan waktu untuk bisa menyesuaikan diri untuk bisa mengembalikan trafik blog.

Semoga dapat memberikan manfaat, salam .:: ashtho software easy ::.

Wassalam . . .

beri komentar anda tentang blog ini
EmoticonEmoticon