Saturday, May 14, 2011

Apa itu PageRank Google ?

Baru baru ini Google memberikan hadiah berupa PageRank secara masal, dan beberapa blog memberitakannya, namun ada beberapa rekan blogger yang menanyakan tentang pengertian dari PageRank tersebut, sepenggal pengertian dari PageRank Google yang Ipitoon dapatkan dari beberapa sumber. Coba Cek PageRank Blog  Anda Disini.

Algoritma Google PageRank Image Mungkin kalangan orang awam atau blogger yang baru saja mulai membuat blog baik bertema blog seo, bisnis, automotive, kesehatan dan lain sebagainya masih ada yang belum paham apa itu PageRank Google, manfaat serta pengaruhnya jika blog mendapatkan nilai PageRank yang diberikan oleh google. Pastinya google pagerank berbeda dengan istilah Backlink, namun pengaruhnya masih bisa dikaitkan terutama berhubungan dengan perangkingan suatu blog terhadap SERPs di search engine. Selain bermanfaat untuk para pemain seo yang mempunyai tema blog seo PageRank juga sangat diimpi-impikan bagi blogger komersil atau blogger yang memanfaatkan blog sebagai sumber penghasil pundi-pundi dolar.

Istilah PageRank

PageRank merupakan algoritma mesin pencari google yang berfungsi untuk menentukan situs/ blog seberapa penting atau populer. PageRank adalah Ranking situs web/ blog diberikan oleh google dihitung berdasarkan skala 1- 10. Asal muasal PageRank Google Pertama kali diciptakan oleh dua orang bernama Larry Page dan Sergey Brin yang notabane adalah salah satu mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. (Red/Wikipedia.org)
Google Page Rank diberikan kepada blog/ situs berdasarkan sistem perhitungan tertentu atau yang biasa webmaster atau pakar SEO (Search Engine Optimization) katakan adalah sebuah algoritma.

Cara Kerja PageRank Google

PageRank diberikan pada halaman blog melalui sistem algoritma tertentu berdasarkan jumlah tautan balik/ backlink yang mengarah ke dalam suatu situs/ blog, serta memperhitungkan tingkat relavansi antara backlink yang dihasilkan dan juga akumulasi dari halaman yang satu (index) ke halaman yang lainnya (Sub index).
Selain metode di atas algoritma PageRank juga dapat saja langsung diberikan kepada halaman situs/ blog yang dianggap penting oleh google. Seperti situs web pemerintahan, edukasi, rumah sakit, dsb.

Manfaat PageRank Terhadap Blog/ Situs

SERPs (Ranking Blog di Mesin Pencari)
Bagi blogger yang berkecimpung di dunia seo atau mempunyai blog seo maka PageRank sangat diharapkan terutama jika dikaitkan dengan perangkingan suatu situs dan pengaruhnya terhadap SERPs Search Engine Result Pages di search engine. Walaupun banyak blogger mengabaikan atau tidak mempermasalahkan pagerank sebagai penentu serps di google, namun saya tetap percaya bahwa PageRank yang diberikan oleh google sedikit banyak masih mempengaruhi peringkat suatu blog, dimana google pernah mengatakan bahwasanya PageRank nantinya akan digunakan sebagai acuan tambahan untuk menentukan peringkat blog layak atau tidaknya untuk tampil di urutan lebih baik di search engine milik mereka.
Blogger Komersil (Pelaku Bisnis Online)
Seperti pernah admin abung blog seo singgung di awal paragraph dimana PageRank yang diberikan oleh google sangat sekali diharapkan bagi mereka terutama yang menggeluti bisnis online seperti PTR dan TLA, karena apabila page Rank blog mereka tinggi tentunya tarif penjualan link atau jasa penulisan review mereka akan tinggi pula, namun sayang cara ini dilarang keras oleh google karena melanggar aturan mereka, maka jika ketahuan pastinya blog tersebut akan terkena hukuman yaitu penurunan peringkat PageRank atau bahkan dikeluarkan dari index list search engine google.

Itu Pengertian dari PageRank Google, apakah blog anda juga mendapatkan hadiah dari Google, seperti yang di dapatkan oleh Blognya Ipitoon sendiri dengan mengantongi PR 2 dari PR 4.

beri komentar anda tentang blog ini
EmoticonEmoticon