Wednesday, February 23, 2011

Tugas Rangkuman Pemrograman JAVA

1. Memulai Pemrograman Java

Untuk memulai belajar java dengan netbeans, anda membutuhkan software JAVA SDK (Software Development KIT) dan Netbeans IDE 6.5 . JAVA SDK adalah software java compiler beserta library yang dibutuhkan.
Software harus di install berurutan, terutama jika dikomputer belum terinstall java JRE. Urutan Install adalah :
1. JAVA SDK
2. NetBeans IDE

Ikuti langkah proses install seperti biasa :).Saya menggunakan Java 6 dan Netbeans 6.5.

PERHATIAN : Jika anda menggunakan komputer tipe lama dan memori kurang dari 512 MB penggunaan Netbeans terbaru tidak disarankan. Sebaiknya gunakan IDE lain yang lebih ringan.
Urutan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat sebuah program Java sederhana adalah :
1. Membuat source code program dengan editor teks apapun. Ingat, file tersebut harus berekstensi .java dan case sensitive.
2. Mengkompile source code dengan perintah javac. Misalnya: javacHelloWorld.java. Jika berhasil, hsailnya adalah file bytecode berakhiran .class.
3. Mengeksekusi byte code dengan perintah java. Parameter dari perintah ini adalah nama file hasil kompilasi tanpa ekstensi .clas. contoh: javaHelloWorld.




2.Source Code

Berikut kode untuk HelloWorld.java:


public class HelloWorld
{
public static void main(String[] args)
{
System.out.println("selamat pagi");
}
}


Perlu diingat bahwa bahasa Java bersifat case sensitive, sehingga Anda harus memperhatikan penggunaan huruf besar dan kecil. Selain itu penulisan source code program tidak harus memperhatikan bentuk tertentu, sehingga Anda bisa saja menuliskan semua baris source code tersebut dalam satu baris asal Anda tidak lupa membubuhkan tanda titik koma (;), atau menuliskan tiap kata dalam satu baris tersendiri. Namun dianjurkan Anda mengikuti layout seperti pada contoh agar program Anda mudah dibaca dan dimengerti.

3.Kompilasi
Setelah itu file disave dengan nama HelloWorld (sesuai dengan nama class),kemudian  kita akan mengkompile program tersebut dengan perintah:
prompt> javac HelloWorld.java


 4. Sintaks Program

Sekarang kita akan mencoba membahas elemen-elemen dalam source code  tersebut.

Pada listing terdapat pernyataan public class. Pernyataan ini adalah pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Ingat bahwa Java berorientasi objek. Kata public di depannya berfungsi agar kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Untuk saat ini anggaplah objek sebagai suatu item yang dapat dimanipulasi oleh sebuah program.

Kemudian kita menemukan baris pernyataan public static void main(String[] args). Perintah ini merupakan pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas tertentu dalam kelas. Dalam setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program tersebut dieksekusi.
Kata public di depannya mempunyai fungsi yang sama dengan kata public yang ada di depan baris permulaan kelas. 
Pada listing terdapat kata static pada pernyataan pembukaan metode main. Hal ini berarti metode main tidak mengubah atau menggunakan objek yang diciptakan oleh kelas tersebut, sehingga dapat dikatakan berdiri sendiri dan tidak terikat dengan objek.dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu String[] args, dimana args hanyalah sebuah nama dari objek array dari String. Array ini nantinya akan berisi parameter yang diberikan user sebagai argument command line.


Tentunya dapat Anda perhatikan bahwa untuk memanggil sebuah meode diperlukan tiga komponen yaitu : 

1.Objek yang ingin kita pakai. Dalam hal ini objek System.out

2.Nama metode yang ingin kita pakai. Dalam hak ini println

3.Sepasang tanda kurung yang berisi informasi tambahan yang diperlukan oleh metode yang dipanggil, yaitu parameter.

 
  Dalam listing, pernyataan System.out.println("selamat pagi");berarti carilah objek out dalam kelas System kemudian panggil metode println dari objek out dengan parameter berupa string "selamat pagi".

  5. Eksekusi

 Setelah selesai membahas sintaks dasar Java dalam listing tersebut, selanjutnya kita akan mencoba mengeksekusi program ini. Untuk mengeksekusi kita tinggal menuliskan perintah java HelloWorld pada prompt dan pesan Selamat Pagi akan tampil di layar ( atau mungkin ditempat lain, tergantung system operasi anda).

Prompt> java Helloworld


         6.  Tipe Data Primitive dan String

             Tipe data primitif merupakan tipe data dasar yang dikenal oleh Java. Terdapat delapan buah tipe data primitif yang dikenal dalam Java.
      Pada Java terdapat tipe data sederhana dan tipe data array. Tipe data sederhana terdiri dari tipe Boolean, dan tipe Numerik yang terdiri dari byte, short, int, long, char, float, dan double. Boolean adalah tipe data untuk besaran logika, hanya memiliki dua kemungkinan nilai, true atau false. Berikut tabel tipe data numerik :
























Kedelapan tipe data primitif ini dapat dikelompokkan ke dalam empat group: 
1.   Integer merupakan tipe data bilangan bulat yang terdiri atas byte,short, int, dan long.  
2.   Floating-Point merupakan tipe data bilangan pecahan yang terdiri atas float dan double.
3.   Karakter mewakili simbol dari sebuah karakter yang terdiri atas char.
4.   Boolean merupakan tipe data yang menunjukkan nilai true atau false, yang terdiri atas boolean. 

Variabel dengan tipe data primitif ini dapat digunakan secara langsung untuk menyimpan suatu nilai tertentu.Selain adanya veriabel-variabel di atas, Java API juga menyediakan kelas-kelas untuk tipe-tipe variabel tersebut, byte, short, int, long, char, float, dan double. Kelas-kelas ini secara default di-impor dari package java.lang.

Agar tidak bertanya-tanya tentang variabel yang menampung lebih dari satu karakter, Java menyediakan String unutk menampung data yang lebih dari satu karakter. Sebelumnya String bukan tipe data, melainkan objek yang berisi kumpulan karakter ( char ). Penggunaan String tidak beda dengan penggunaan tipe data yang lain.

Array adalah kumpulan variabel dengan tipe sejenis dengan nama yang sama, Array pada Java mempunyai pengertian yang kurang lebih sama dengan array pada bahasa pemrograman pada umumnya.  Berikut adalah contoh pendeklarasian dari variabel dengam tipe “array of int” :

int vektor[]; 
 
Index array dimulai dari 0 (nol). Contoh berikut untuk mengalokasikan 5 buah integer ke dalam array :

vektor = new int[5];

Selanjutnya untuk mengisi elemen-elemen array adalah sebagai berikut :

vektor[0] = 4;
vektor[1] = 3;
vektor[2] = 7;
vektor[3] = 5;
vektor[4] = 4;

Anda juga bias menginisialisasi array yang sama dengan contoh di atas dengan cara yang lebih singkat sebagai berikut :
            Int vektor[] = {4.3.7.5.4};

     7. Operator dalam Java
  
Java memiliki 44 operator, yang terbagi dalam 4 jenis dasar, yaitu operator aritmatik, bitwise, relasi, dan logika.

1.Operator aritmatik
    javaOperator aritmatika adalah operator-operator yangdan modulo (atau sisa pembagian). Operator ini tidak dapat digunakan untuk tipe Boolean, tetapi dapat digunakan untuk tipe char,karena char adalah anggota dari himpunan int. Tabel berikut ini akan menunjukan daftar operator yang termasuk ke dalam kelompok operator aritmatik. digunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan matematis; seperti : penjumlahan, pengurangan, perkalian,pembagian


Berikut ini contoh pengunaanya :
b -= a;   // sama dengan b = b - a
b *= a;   // sama dengan b = b *  a
b /= a;   // sama dengan b = b / a
b %= a;   // sama dengan b = b % a

2. Operator Bitwise

Tipe numerik integer, long, int, short, dan byte memiliki kumpulan operator tambahan yang dapat memodifikasi dan memeriksa bit-bit yang menyusun nilainya.
Berikut ini daftar operator bitwise yang terdapat dalam java.


berikut ini daftar nilai yang akan dihasilkan oleh operator &, |, ^, dan ~.



3.Operator Relasi

Untuk membandingkan dua buah nilai, Java memiliki kumpulan operator relasi berikut ini untuk menyatakan persamaan dan urutan.yang diberikan dari operasi yang melibatkan operator relasional akan bernilai boolean (true/false). tabel berikut ini menunjukan daftar operator relasi yang terdapat dalam java. apakah sama dengan, tidak sama dengan, lebih besar, lebih kecil, lebih kecil atau sama dengan, ataukah lebih besar atau sama dengan. Hasil

undefined
 
4.Operator Logika

Operator Logika Boolean pada tabel di bawah ini bekerja hanya pada operator Boolean. Semua operator ini mengkombinasikan dua besaran Boolean untuk menghasilkan besaran Boolean. Berikut ini tabel yang menunjukan operator boolean.

 
      8. Contoh syntax dengan menggunakan tipe data :

A. Tipe Data
    
  


class contohinteger
{
    public static void main(String[] args)
    {
        int jumlah;

        jumlah = 85;

            System.out.println(" jumlah : " + jumlah);
    }

}




B. String 



class contohstring 
{
    public static void main(String[] args)
    {
        String nama;

        nama = "SUHENDRA";

            System.out.println("Nama : "+ nama);
    }

}



C. Contoh menggunakan Operator 
 


class contohOp1 {

    public static void main(String[] args)
    {
    String nama,npm,jurusan;
    int nilai;

    nama    = "SUHENDRA";
    npm     = "43A87006100031";
    jurusan = "TI";

    nilai   = 90;
    nilai  += 10;

    System.out.println  ("======================");
    System.out.println  ("Nama      :" + nama    );
    System.out.println  ("Npm       :" + npm     );
    System.out.println  ("Jurusan   :" + jurusan );
    System.out.println  ("Nilai     :" + nilai   );
    System.out.println  ("======================");

    }
}



Dari contoh diatas, nilai yang akan ditampilkan akan berubah menjadi 100. Hal tersebut di karenakan nilai 90 mengalami penambahan 10 angka, yaitu nilai +=10 atau sam dengan operasi; nilai=nilai+10.output yang dihasilkan dari eksekusi program dapat di lihat pada layar di bawah ini:

                                         


============================
                   Nama      : SUHENDRA
                   Npm       : 43A87006100031
                   Jurusan   : TI
                   Nilai     : 100
                   ============================